Lebih Sehat Dengan Keledai

KEDELAI yang sebelumnya lebih banyak dikonsumsi vegetarian sebagai pengganti daging, ternyata mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Sejumlah studi dalam beberapa tahun terakhir ini menemukan, makanan yang dibuat dari kacang kedelai kaya protein, serat, asam lemak esensial, antioksidan dan mikronutrien sehingga layak dijadikan sebagai bagian dari hidangan sehari-hari. USDA Amerika kini menganjurkan para orangtua di Amerika untuk memberikan makanan dari kedelai kepada anak-anak mereka. Khasiat istimewa kedelai antara lain:
  • Menurunkan kolesterol
Sejumlah studi terkini yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan, makan 1 atau 2 saji makanan kedelai sebagai pengganti daging dan makanan dari produk susu, dapat menurunkan kadar kolesterol sampai 10%, menurunkan risiko penyakit jantung, dan stroke sampai sebanyak 20%.
  • Menguatkan tulang
Riset menunjukkan, kedelai dalam jumlah sama yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung (hanya 2 saji per hari) dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Kedelai kaya protein dan kalsium.

  • Mencegah kanker payudara
Berlawanan dengan laporan-laporan terdahulu, makan produk-produk kedelai seperti tahu, keju kedelai, susu kedelai dan lain sebagainya, tidak meningkatkan risiko kanker. Pada kenyataannya, sebuah studi terkini menemukan, perempuan yang makan kedelai 4 kali atau lebih dalam seminggu selama remaja dan masa dewasa berkemungkinan lebih kecil mengembangkan kanker payudara dibanding perempuan yang makan kedelai kurang dari 1 kali sebulan. Kedelai mengandung hormon tumbuhan yang disebut phytoestrogens. Menurut dugaan para ahli, hormon tumbuhan ini membatalkan estrogen berbahaya yang menyebabkan kanker payudara.
  • Membantu penurunan berat badan
Sebuah studi baru dari University of Alabama di Birmingham menemukan, makan 1 ons kedelai sehari sebagai camilan atau hidangan pembuka dapat meningkatkan penurunan berat badan sampai lebih dari 60%. Penyebabnya adalah, kedelai kaya phytoestrogen yang berfungsi seperti hormon perempuan estrogen untuk mengatur adipose atau jaringan-jaringan lemak di dalam tubuh perempuan. Coba makan edamame atau makanan dari kedelai lainnya.

Comments