Makanan yang Lebih Unggul dari Suplemen Vitamin

Makanan mengandung beratus-ratus senyawa yang saling meningkatkan efektivitas masing-masing. Karena itu, untuk mendapatkan kesehatan optimum, para ahli menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan utuh. Suplemen, sesuai namanya, hanya pendukung saja. Berikut, beberapa makanan berkhasiat hebat.
SAYURAN PENCEGAH KANKER
Sayuran bewarna cerah seperti wortel, tomat, dan ubi merah mempunyai kandungan beta karoten tinggi. Studi-studi menunjukkan, mengkonsumsi makanan ini jauh lebih unggul dibanding suplemen yang mengandung senyawa yang sama. Para ahli di National Institute of Enviromental Health Sciences menemukan, dosis tinggi beta karoten dari makanan dapat mengurangi risiko kanker payudara sampai 44%. Untuk makanan kaya beta karoten dan karotenoid lainnya, pilih sayuran berwarna merah, oranye, kuning tua, dan beberapa sayuran berdaun hijau tua. Perlu diingat,warna hanya merupakan panduan, bukan jaminan bahwa buah dan sayuran itu kaya beta karoten. Jagung misalnya. Kendati pun berwarna kuning, tidak mengandung beta karoten, tapi mengandung nutrien lainnya. Yang kandungannya cukup bermakna antara lain: aprikot, asparagus, bit, brokoli, cantaloupe, wortel, bawang putih, pepaya, peach, labu kuning, paprika merah, bayam, selada air. Selain itu, juga ditemukan dalam bumbu seperti serai, paprika, peterseli, peppermint, dan sage.
KACANG-KACANGAN UNTUK MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG
Kacang kedelai,chickpea, pinto beans, navy beans, kidney beans, lima beans, kaya dengan protein, serat, dan zat besi. Studi-studi membuktikan, nutrien-nutrien ini dapat membantu menghilangkan lemak yang tertimbun sekitar pinggang. Riset juga menunjukkan makan kacang-kacangan, terutama kedelai, misalnya minum 1 cup susu kedelai setiap hari, dapat menurunkan kolesterol sampai 10 %, menurunkan risiko penyakit jantung sampai 20%. Serat di dalam kedelai menyapu kolesterol buruk LDL keluar dari arteri. Tapi menurut studi-studi di Wake Forest University, minum suplemen kedelai tidak mendatangkan khasiat ini.
PRODUK SUSU MENCEGAH BATU GINJAL
Kalsium bukan hanya berkhasiat membangu dan mempertahankan tulang yang kuat, tapi riset baru Harvard menunjukkan, produk susu dapat menurunkan risiko batu ginjal. Suplemen kalsium tidak membantu, tapi makan sekitar 4 sajian makanan kaya kalsium dalam sehari dapat menurunkan risiko mengembangkan batu ginjal sampai 27%.

Comments